Sabtu, 26 September 2020

Sederet Fakta Menarik Seputar Sirkuit MotoGP Mandalika

Post oleh : Pampan | Rilis : 20.07 | Series :
Sederet Fakta Menarik Seputar Sirkuit MotoGP Mandalika

Sumber: www.live.staticflickr.com

Mandalika menjadi salah satu kawasan di Lombok yang semakin populer saat ini. Kepopuleran tersebut semakin berkembang setelah kawasan Mandalika disetujui menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP 2021. Sirkuit untuk ajang balap MotoGP tersebut nantinya terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika. Tepatnya di Kota Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Terpilihnya Mandalika sebagai tempat diselenggarakannya MotoGP ini tentu membuat banyak orang penasaran, apa saja keistimewaan Sirkuit Mandalika ini? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, berikut beberapa ulasan terkait fakta menarik Sirkuit Mandalika yang perlu Anda ketahui.

1. Tuan Rumah MotoGP Pertama sejak 1997

Tuan Rumah MotoGP Pertama sejak 1997

Sumber: www.live.staticflickr.com

Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah MotoGP pada 1997, tepatnya 22 tahun silam di Sirkuit Sentul. Kini, Indonesia berhasil menjadi tuan rumah lagi dalam ajang balap MotoGP 2021 yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Penyelenggaraan event ini tentu akan membawa dampak yang positif, khususnya dalam bidang pariwisata di Lombok. Kawasan Mandalika pun nantinya dapat menjadi salah satu destinasi wisata olahraga yang populer di Lombok.

2. Konsep Sirkuit MotoGP Jalan Raya Pertama di Dunia

Sirkuit Mandalika memiliki konsep Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya). Dalam artian, selain menjadi sirkuit MotoGP, Sirkuit Mandalika juga bisa difungsikan sebagai jalan umum saat tidak digunakan sebagai ajang balapan. Konsep Street-Race Circuit menjadi konsep pertama di dunia untuk ajang balap MotoGP. Konsep tersebut dibangun dengan standar Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Federation Internationale de l'Automobile (FIA).

3. Panjang dan Desain Sirkuit MotoGP Mandalika

Panjang dan Desain Sirkuit MotoGP Mandalika

Sumber: www.imgx.gridoto.com

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan yang dijalani sebanyak 24 sampai 27 putaran. Dengan konsep lintasan lurus dan terbuka, Sirkuit Mandalika menyajikan pemandangan pantai dan bukit yang menambah keindahan sirkuit ini. Untuk sarana penunjang, Sirkuit Mandalika akan dibangun area paddock dengan 40 garasi untuk operasional tim-tim peserta dan memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk bagi penonton. Selain itu, ada juga 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menonton 7.700 penonton.

4. Menawarkan Sensasi Menonton MotoGP dari Bukit

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah menyiapkan tiga bukit dengan luas sekitar 50 hektar dan ketinggian 15-20 meter sebagai tempat bagi para penonton MotoGP nantinya. Tempat tersebut diestimasikan dapat menampung sekitar 15.000 penonton. Bukit tempat para penonton akan diberi nama Pink Mount Mandalika.

Nama Pink Mount Mandalika sendiri berasal dari bukit yang ditanami bunga-bunga yang berwarna pink (merah muda). Dari bukit ini, para penonton dapat menyaksikan ajang balap MotoGP seluas 360 derajat. Dari Pink Mount Mandalika yang berada di tikungan, penonton bisa melihat para pembalap memulai dan mengakhiri balapan.

5. Biaya Triliunan Rupiah

Biaya Triliunan Rupiah

Sumber: www.tanjungoceanview.com

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan event internasional, pembangunan Sirkuit Mandalika tentu harus berstandar internasional pula, dan tentu saja pembiayaan pembangunannya tidak murah. Total anggaran pembiayaan pembangunan Sirkuit Mandalika diperkirakan mencapai Rp36 triliun. Dalam proses pembangunan Sirkuit Mandalika, pemerintah juga menggandeng kontraktor Perancis yaitu Vinci Construction.

Sederet Fakta Menarik Seputar Sirkuit MotoGP Mandalika

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika yang akan digunakan pada ajang balap MotoGP 2021. Pembangunan Sirkuit Mandalika diperkirakan akan selesai pada pertengahan tahun 2021. Semoga tujuan dari pengembangan ini, yaitu untuk mengembangkan pariwisata di kawasan Mandalika, Lombok bisa berjalan lancar dan tercapai dengan maksimal. Untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai wisata di Mandalika, Lombok, kunjungi Wonderful Indonesia.

google+

linkedin