Minggu, 27 September 2020

BEBERAPA PENYEBAB BAN SEPEDA MOTOR KEMPES

Post oleh : Pampan | Rilis : 10.01 | Series :

Beberapa Penyebab Ban Sepeda Motor Kempes- Masalah ban motor kempes memang menjadi hal yang biasa dilihat oleh semua pemilik kendaraan. Kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu saat berkendara, apalagi jika Anda sedang terburu-buru untuk menuju suatu tempat. Sebenarnya masalah pembatasan sepeda motor bisa dikurangi jika melihat apa penyebab yang biasanya terjadi. Untuk membantu Anda, berikut informasi mengenai apa saja penyebab ban sepeda motor kempes.


BEBERAPA PENYEBAB BAN SEPEDA MOTOR KEMPES

Ban Sudah Tipis

Kondisi ban motor yang sudah tipis sebenarnya kurang bagus jika dipaksakan terus menerus dipakai. Apalagi jika digunakan untuk melewati jalan berbatu. Biasanya kondisi ban yang memiliki permukaan tipis mudah kembali, sehingga menyebabkan ban menjadi angin. Oleh karena itu, segera ganti ban motor Anda saat sudah tipis agar tidak terjadi masalah yang lebih parah lagi, seperti ban bocor saat di jalan raya.

Larangan Mengurangi Angin Tidak Segera Dipompa

Mungkin karena alasan tidak menyadarinya atau belum sempat mengisi udara di ban, sehingga bikers tidak langsung memompa ban tersebut. Jika dibiarkan terus apalagi jika bebannya berat, keadaan ini akan membuat ban motor menjadi semakin kempes. Perlu diketahui, batasan tersebut digunakan untuk dibawa ke kondisi datar dan seringkali membawa beban berat hingga beban berat pada ban. Lekukan yang terjadi akan menyebabkan keretakan pada ban dan lama kelamaan akan membuat ban semakin kempes.

Ada sesuatu yang tersumbat pada rangka dan roda ban

Biasanya jika sering merusak jalan berlumpur, membuat motor terkena kerikil kecil dan butiran pasir masuk ke sela-sela roda dan ban. Kedua bahan ini bisa menghalangi bagian rangka yang harus dipasang erat ke roda. Alhasil, angin ban bisa keluar dengan lambat. Kerak roda yang berasal dari dalam juga mampu menghalangi sela-sela.

Sehingga bocoran yang berasal dari sendi ban dan roda. Untuk lebih yakinnya, Anda bisa mengecek apakah ada kebocoran dengan menggunakan sabun yang dioleskan pada ban dan sendi roda. Jika terjadi kebocoran maka akan timbul gelembung udara yang keluar dari ban.

Apakah Penyebab Ban Sepeda Motor Kempes?

Ban Berkualitas Botak

Penyebab berikutnya ban motor kempes adalah ban gundul yang disebabkan oleh umur ban yang lama. Kondisi larangan botak sangat berbahaya karena dapat menyebabkan tergelincir saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan di jalan berpasir atau basah. Ban gundul juga sangat rentan terhadap benda tajam, seperti pecahan kaca atau kerikil.

Ban bekas biasanya memiliki tekstur ban yang lebih keras dan membuat permukaan ban menjadi licin saat melewati tikungan tajam. Pastikan untuk membeli ban motor yang baru. Jangan tergoda untuk membeli ban bekas. Ban yang berkualitas memiliki ciri-ciri yang memenuhi standar uji mutu nasional (SNI) dan internasional.

Katup longgar tanpa penutup

Ban motor kempes juga cocok karena klep kurang kencang dan tutup klep tidak terpasang yang akan menyebabkan angin keluar dan mengempis. Katup ban sendiri berfungsi sebagai tempat keluar masuknya angin yang berasal dari ban. Penutup katup yang berkualitas baik harus dilengkapi dengan karet penyegel di dalamnya.

Demikian informasi terkait penyebab pembatasan kendaraan yang diketahui setiap pemilik kendaraan roda dua. Sebaiknya sebelum berpergian, selalu siap pakai motor anda yang cukup angin. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan BBM yang Anda gunakan. Pastikan menggunakan bahan bakar berkualitas dari Pertamina yang memiliki banyak jenis bahan bakar yang cocok untuk ban motor kesayangan Anda.

google+

linkedin